Sumber Kata Mutiara Bersyukur Dan Bersabar



Sumber Kata Mutiara Bersyukur Dan Bersabar

Selama kita hidup maka selama itu ujian dan cobaan akan terus kita rasakan. Masalah yang akan kita alami, baik atau buruk, tentu semua itu tidak akan berarti kalau tidak dibarengi dengan kata mutiara Bersyukur dan bersabar.
Bersyukur dan bersabar lahir dari kata iman. Apa pun itu yang terjadi, baik atau buruk, adalah kehendak Allah SWT. Seseorang mukmin akan menyikapi apapun yang terjadi dengan bersyukur dan bersabar. 

Bersyukur memupus takabur. Bersabar menepis putus asa. Takabur dan putus asa adalah penyakit hati. Orang yang didalam hatinya ada penyakit tak hidup bahagia. Karena itu bersyukur dan bersabar adalah wasilah hidup bahagia.

Bagi seorang mukmin papun yang terjadi mesti mendatangkan kebaikan. Apa pun yang terjadi, baik keberuntungan ataupun kesengsaraan, sama saja. Keduanya pasti mendatangkan kebaikan. Keberuntungan tidak akan disikapi dengan berbangga diri. Kesengsaraan tidak akan disikapi dengan frustasi. Yang pertama disikapi dengan bersyukur dan yang kedua disikapi dengan bersabar, bersyukur dan bersabar jelas berubah pahala.


"Sungguh mengagumkan keadaan orang mukmin itu,Semua perkara yang dialaminya selalu baik.Jika mendapay kesenangan ia bersyukur.Ini baik untuknya.Dan jika mengalami kesulitan ia bersabar.Ini juga baik untukknya.Hal seperti ini jelas hanya ada padadiri seorang mukmin."


Bersyukur


Keberuntungan tak menimbulkan takabur.Kesuksesan tak membuat lupa daratan.Keberhasilan tak menjadikan lupa diri.Semua itu anugerah Allah.Hanya satu yang perlu dilakukan:bersyukur.Orang yang bersyukur tak akan menepuk dada.Merasa diri paling hebat.Apalagi sampai merendahkan orang lain.Keberhasilan memang hasil kerja keras.Tapi,kerja keras semata belum tentu membuahkan keberhasilan.Manusia hanya sebatas berencana dan berusaha.Tapi sebaik apapunrencana dan usaha,pada akhirnya Allah jualah yang menentukan
.
Syukur dapat dilakukan dalam berbagai cara.Pertama,secra lisan syukur diwujudkan dengan hamdalah,yang berarti menghaturkan segala pujian kepada Zat yang Maha Memberi.Kedua,dengan melakukan sujud syukur.Dilakukanspontan pada saat mendapatkan kebahagiaan.Bersujud merendahkan diri kepada Yang Maha Pengasih.Kegembiraan tidak diluapkan dengan hura-hura atau hal-hal yang bersifat negatif.Ketiga, berbagi dengan sesama.Bahwa banyak orang yang kurang beruntung.Hidup serba pas-pasan.Sekarang makan,besok belum tentu.
Keempat,syukur diwujudkan dengan peningkatan amal.Ibadah bertambah giat,,sholat tak pernah telat,shaum semakin tekun,bertutur lebih santun,Intinya hari ini selalu lebih baik dari kemarin.

Dengan demikian ,kebahagiaan tidak dirasakan sendiri,Yang lain, saudara,tetangga,teman,sanak famili,turut merasakannya.

Bersabar



Hidup tak selamanya berjalan mulus.Selalu ada kelokan.Kadang duri,onak dan rintangan menghadang.Karena itu kegagalan,kesengsaraan,kesulitan,dan musibah,dalam hidup merupakan sesuatu yang mesti dihadapi,bukan malah dihindari. Maka kesabaran adalah kunci untuk menghadapi semua yang tak mengenakan itu.Sabar berarti siap menghadapi segala kenyataan pahit yang terjadi.Bagaimanapu hal yang tak mengenakan itu merupakan kenyataan.

Orang sabar tak takut kehilangan.Toh segala yang dimiliki hanyalah titipan.Semua kepunyaan Allah.Sebab Dia adalah Pemilik yang sesungguhnya. Sabar memiliki cakupan luas.Sabar tak selalu terkait dengan musibah.Bagi orang kafir musibah merupakan siksaan.Sedangkan bagi orang mukmin ,musibah adalah ujian dari Allah.Ujian akan meningkatkan derajat yang bersangkutan.Dan juga sebagai ladang untuk mengais pahala dan menghapu dosa.Tentu jika semua itu dihadapi dengan sabar.

Kedua, sabar dalam menjalankan kebaikan.Konsisten dalam menjalankan kebaikan membutuhkan perjuangan.Shalat misalnya,tak mungkin dilakukan secara teratur dan tepat waktu kalau tak punya kesabaran.Begitu pun kebaikan-kebaikan lainnya. Ketiga sabar dalam menjghindari kemaksiatan.Menolak keburukan bukan perkara gampangApalagiyang mengajak adalah teman dekat.Asa resiko yang mesti dihadapi,pengucilan dan cemoohansetiap saat bisa terjadi.Dan itu hanya mungkin dihadapi dengan kesabaran.

Maka wajar kalau kesabaran dikatakan separo keimanan.Allah mencintai orang-orang yang sabar.Kecintaanya membuat Dia senantiasa dekat dengan mereka.
''Dan bersabarlah kalian.Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."(QS.Al-Anfal:46)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar