Kata-Kata Saudara Menjadi Orang Lain

Sudah bukan rahasia lagi, banyak di sekitar  anda yang sering mendengar kata-kata, kalau dalam bahasa sunda bisa di artikan menjadi, "deungeun-deungeun jadi dulur, dulur jadi batur." hehehe! 

     Pengalaman ini sebenarnya, pernah terjadi pada saya. Di tulisan saya kali ini, saya akan membahas penyebab terjadinya keretakan atau kesenjangan ini. Banyak faktor yang menjadi penyebab keretakan itu terjadi bisa di akibatkan 
  1. Faktor Uang, uang adalah pemicu terbesar dalam penyebab retaknya persaudaraan. Ada pepatah mengatakan "Uang tidak kenal saudara" itu benar adanya dengan uang sahabat, tetangga, saudara menjadi jauh. Begitu besar efek uang. Saudara sebangsa, seiman dan setanah air..hehehe! Jika anda sudah  banyak uang jadikan uang itu perekat persaudaran, bukan malah sebaliknya.
  2. Harta wariasan. Kejadian ini sering terjadi biasanya ada salah satu pihak yang serakah. Bahkan yang paling fatal gara-gara harta warisan, banyak di antara mereka yang saling bunuh. Di islam di ajarkan hukum waris, adil dalam membagikannya akan menjadi solusi untuk memperekat persaudaran anda.
  3. Perbedaan prinsip. Biasanya retaknya persaudaraan ini muncul setelah di uji oleh suatu masalah, perbedaan prinsip dan cara pandang, meyakini pendapat pribadinya paling benar, dan merasa kurang dihargai. Biasanya kalau gak ada yang mengalah diantara mereka maka retaklah tali persaudaraan.
  4. Kepedulian yang hilang. Nah ini yang pernah saya alami, saat saudara sakit, gak mau jenguk atau pada saat dalam masalah saudara menghilang bagaikan di telan Genderewo..hehehe seakan gak peduli lagi. Tanda-tanda keretakan akan segera datang. Pesaudaraan kita akan di uji  mana saudara yang tulus dan yang tidak.
  5. Carmuk di tempat kerjaan. Pi kasebeuleun .. mun ninggali jelema siga kieu. "Penjilat." akan banyak kita temui orang yang seperti ini di tempat kerjaan kita, dan biasanya pinter banget goyang lidah pada atasan kita. Dia pun gakan segan untuk menjatuhkan kita demi orang yang sperti ini. Kalau ane ngadepin orang kaya gini, pasti orang  ini  akan ane Shock terapy  dulu biar nyadar.hehehe Sebenernya masih banyak, faktor penyebab keretakan persaudaraan. Kalau sudah terjadi maka sebagai pelarian orang lain lah yang jadi penolong kita, orang lain lah yang  kita anggap seperti saudara kita sendiri.
    Banyak dari mereka, yang sudah tidak bertumpu harapan pada saudaranya. Namun tak dapat kita pungkiri kesedihan, dan kekecewaan akan timbul. Keretakan persaudaraan menjadi salah satu pemicu kebencian pada saudaranya.
   Tampak bahwa kesedihan dan  kekecewaan yang bersumber dari keretakan itu akan mengakibatkan depresi, Jika depresi itu di biarkan, bisa menyebabkan hati kita semakin sempit dan hidup kita semakin sulit bahkan hancur.
    Lalu apa yang harus kita lakukan? dari uraian diatas. Apapun masalah yang kita hadapi semua itu tidak luput dari pantauan sang Illahi rabi, semua masalah pasti ada solusi nya tinggal bagaimana kita menyikapi masalah tersebut Aa gym Berkata hehehe! " Masalah itu tidak ada yang salah, yang salah itu bagaimana cara kita menyikapi masalah itu."
     Kesedihan dan kekecewaan yang bersumber dari ujian keimanan tidak akan menyebabkan seseorang terkena depresi, walau bagaimanapun besarnya kesedihan dan kekecewaan yang melanda diri kita. Kita doakan saja saudara-saudara kita semoga dikehendaki untuk dikarunia hidayah oleh Allah, maka Allah akan mempermudah jalan untuk bisa mempersatukan kita dengan saudara-saudara kita kembali. 
   Sebagai penutup, saya secara pribadi, mendoakan anda semua. Semoga anda cepat-cepat menemukan kebahagiaan dan bisa berkumpul kembali, seperti sediakala walaupun nasi sudah jadi bubur. Mari kita bumbui bubur itu menjadi bubur ayam special. hehehe sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar